KELAS: XI
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif
manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa minyak bumi, batubara dan gas alam serta
berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugerah Tuhan YME yang digunakan
untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan
serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan
perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|
3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis struktur dan sifat
senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan
penggolongan senyawanya.
3.2
Memahami proses
pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
3.3
Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan serta cara
mengatasinya.
3.4
Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi
endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
3.5
Menentukan DH
reaksi berdasarkan hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar,
dan data energi ikatan.
3.6
Memahami teori tumbukan (tabrakan)
untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.7
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde
reaksi berdasarkan data hasil percobaan.
3.8
Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang
diterapkan dalam industri.
3.9
Menentukan hubungan kuantitatif antara
pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
3.10 Menganalisis
sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.
3.11 Menentukan
konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data hasil titrasi asam basa.
3.12 Menganalisis
garam-garam yang mengalami hidrolisis.
3.13 Menganalisis
peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
3.14 Memprediksi
terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data
hasil kali kelarutan (Ksp).
3.15 Menganalisis
peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Mengolah dan menganalisis struktur dan
sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan
penggolongan senyawanya.
4.2
Menyajikan hasil pemahaman tentang proses pembentukan dan teknik
pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya.
4.3
Menyajikan hasil evaluasi dampak
pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
4.4
Merancang, melakukan, menyimpulkan
serta menyajikan hasil percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
4.5
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan
serta menyajikan hasil percobaan penentuan DH
suatu reaksi.
4.6
Menyajikan hasil pemahaman terhadap
teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
4.7
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan
serta menyajikan hasil percobaan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi.
4.8
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan
serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran
arah kesetimbangan.
4.9
Memecahkan masalah terkait hubungan
kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
4.10 Mengajukan
ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman
asam/basa atau titrasi asam/basa.
4.11 Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan titrasi asam-basa.
4.12 Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan
jenis garam yang mengalami hidrolisis.
4.13 Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan sifat larutan penyangga.
4.14 Mengolah
dan menganalisis data hasil percobaan untuk memprediksi terbentuknya endapan.
4.15 Mengajukan
ide/gagasan untuk memodifikasi pembuatan koloid berdasarkan pengalaman membuat beberapa jenis koloid.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar